Artikel

Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA – JAWA BARAT
Rabu, 18 januari 2023

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Purwakarta Dr. Aep Durohman, S.Pd, M.Pd menghadiri dan membuka Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Purwakarta, bertempat di Bale Nagri.

Kepala Bappelitbangda selaku koordinator Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Purwakarta memimpin rapat ini, dan memiliki tanggungjawab yang besar atas terlaksananya dan tercapainya keberhasilan penurunan stunting di Kabupaten Purwkarta.

Program percepatan penurunan stunting ini harus dimulai dari Pra nikah, Pra hamil, dan saat tumbuh kembang anak dari sejak lahir ke dunia. Asupan gizi ibu dan anak menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dalam penanganan stunting.

Dinas Kesehatan rencananya akan memberikan vitamin dan asupan bergizi lainnya kepada anak-anak yang terkena Stunting. Adapun target atau jumlah sasarannya dikoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

Dispangtan rencananya akan memberikan beras khusus untuk anak-anak yang terkena kategori stunting, adapun jenis beras yang diberikan yaitu Beras Nutrizinc (beras yang mengandung karbohidrat dan zat besi).

Selain itu, dalam rapat ini juga dibahas terkait Bapak Asuh Stunting, dimana setiap Kepala Dinas/Badan akan memegang setiap Daerah yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Pemerintah Daerah terus melakukan beberapa upaya dalam penanggulangan stunting, dimana Bappelitbangda, Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas PPKB, beserta Perangkat Daerah terkait turut bekerjasama. Diharapkan program Pemerintah Daerah dapat terus berjalan dengan baik sehingga angka stunting di Kabupaten Purwakarta dapat menurun.

Turut hadir Asda, Staf Ahli, Para Kepala Dinas/Badan yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Purwakarta.

Sumber : Prokompim Purwakarta